Monday, 3 August 2015

Hai Cewe, Awas Kena 'Sindrom Cinderella!'

4:44 p.m. Irvina


Beberape waktu lalu gue nemu sebuah video yang berisi penjabaran bahwa SEMUA COWO TUH MUSTI MELAKUKAN HAL INI UNTUK PASANGANNYE TANPA DIMINTA:

1. SMSin atau chat ke pasangan untuk mengucapkan selamat pagi, siang, malem, bobo, atau mungkin boker pun pengen banget diselametin :p
2. Upload poto kebersamaan dengan pasangan ke media sosial
3. Dikasi kejutan walau pasangan kagak berulang-tahun
4. Selalu dateng ke rumah dengan membawa makanan favorit
5. Selalu mengajak berdansa saat berada di pesta
6. Memberikan pujian secara tulus secara intens
7. Menyanyikan lagu favorit pasangan
8. Memberikan sesuatu yang bisa dipeluk, misalnye boneka
9. Memiliki waktu berkualitas bersama untuk berbicara tentang hal yang sangat dalem
10. Sok-sok ngelucu dengan ngasi becandaan garing, biar si pasangan sok gemes, terus bisa cubit-cubitan deh
11. Memperlihatkan ke-gentleman-an yang dimiliki cowo kepada pasangan. Misalnye, pas mau ngedate, minta ijin dulu ke bokap pasangan, ngasi jaket saat si pasangan kedinginan, dsb
12. Memberikan kenyamanan dan  kesabaran saat si pasangan merasa ketakutan dan dilanda kesedihan
13. Selalu bilang kalo tuh cowo sayang dan cinta banget ame si pasangan
14. Memeluk, merangkul, dan selalu mengingatkan hal-hal baik buat pasangan
Dan sebagainye.

Emang bener? Bener banget, wah semua cewe pengen banget punye cowo kayak begonoh. So swit banget ye.... Tapi sayang, poin-poin di atas cuman KEBANYAKAN dilakukan ame cowo-cowo di sinetron dan drama-drama Korea (atau next, drama Turki, haha).

Berharap sih boleh aje, we... (maksudnye cewe). Tapi jangan sampe berlebihan hingga memaksa pasangan nantinye buat melakukan poin-poin di atas. Karena ape? Karena kagak semua cowo diciptakan PENGERTIAN, INISIATIF, DAN TULUS.

Kalo kalian (para wece wece eh cewe cewe) pengen banget punye cowo dengan sikap sempurna kayak begono (sampe kagak nikah-nikah karena nunggu cowo kayak begono haha #ups #AdaLoh), ya berarti kalian udeh kena sindrom Cinderella stadium akhir. Well, gue rasa semua cewe punye sindrom Cinderella. Cuman tingkatan stadiumnye aje beda.

Ape tuh sindrom Cinderella? Ntu loh... sindrom yang menjangkiti cewe-cewe yang pengen punye cowo macem pangeran di buku dongeng... pengen punye cowo kayak poin-poin di atas. HAHAHA.

Sekali lagi, berharap silakan, tapi kagak usah sampe memaksakan pasangan. Bukannye kalo udeh punye pasangan, harusnye kite (cewe-cewe) mengerti dan menerima ape-adenye tuh cowo?

Jujur aje, gue sempet merasakan sindrom Cinderella ntu. Tapi malah ditinggal.... Hiks...



Waktu pacaran dulu, gue tuh suka ngomong ke diye (mantan), kalo gue demen banget diperhatiin tiap hari. Dichat tiap hari. Gitu deh. Kalo diinget lagi sih, jijik banget, najong. Hahaha.

Pengen banget dikasi kado ulang tahun, tapi boro-boro kado, pas gue ulang tahun malah gue yang mengeluarkan duit buat teraktir diye. Soalnye diye anak kost yang duitnye, eweuh (bokek).

Pengen banget dikasi puisi romantis... dinyanyiin lagu kesukaan... Tapi sayangnye, doi kagak romantis... terus genre lagu favoritnye beda banget. Gue suka banget ame Mocca, diye suka ame Endank Soekamti.

Pengen banget diapelin tiap minggu. Doi kudu tiap weekend nemenin gue maen. Maen di rumah kek, jalan ke mane kek. Soalnye gue orangnye kangenan abis.

Pengen banget dipeluuuuukkkkkk lamaaaa.... (nah kalo ini diye mah demen-demen aje, ampe disosor #eh)

Pengen dibecandain unyu-unyu kupret...

Dikasi kejutan kecil, misal malem Jumat nongol di jendela kamar sambil bawa martabak Terang Bulan depan sekolah Sumbangsih Grogol...

Dipuja-puji...

Gitu deh ah. Males inget-inget lagi, soalnye bikin sakit hati :'(

Nyatanye? Ternyate diye kagak nyaman menjalankan beberape hal yang gue pengenin banget. Diye mundur pelan-pelan. Diye bilang, "Maap, aku mah kagak bisa beb ngebahagiain kamu..." Terus diye malah ngarep balikan ame mantannye yang terdahulu.

Sakit banget, sis.

Sakit banget, bro.

Akhirnye gue sadar, selama ini gue salah banget. Dari situ gue mulai memperbaiki diri sendiri. Gue harus mulai menerima cowo ape adenye banget. Kagak banyak menuntut.

Mangkenye pas gue lagi klepek-klepek ame satu orang, yang mari kita sebut aje doi Paijo, gue tuh udeh menyiapkan diri untuk:

1. Kagak mewajibkan doski ngucapin sayang dan selamet setiap hari
2. Kagak mewajibkan doski ngapelin tiap minggu
3. Kagak ngarep-ngarep amat doski suka ame genre lagu yang gue suka
4. Kagak wajib lucu dan romatis bingits

dsb....

Well, seiring berjalannye waktu, gue mencoba untuk dewasa... Bahwa penjajakan diri kagak harus begini dan begitu... Lebih baik dijalankan dengan ape yang udeh disepakati secara aman dan nyaman #halah.

Kembali kepada masalah sindrom Cinderella. Nah menurut referensi yang gue bace, sindrom ini biasanye terjadi gegara kite (cewe-cewe) kurang memiliki hubungan deket dengan orangtua, terutama dengan orangtua yang berlainan kelamin.

Ya mungkin gegara gue LDR-an ame si bokap jadi ngaruh, gitu ye?

Oh iye, sindrom Cinderella biasanye bikin cewe-cewe kagak mau mandiri dan berharap selalu ade cowo yang melindunginye. Pengennye dilayani terus.... Konon, sindrom ini berakar dari masa kanak-kanak lho. Misal, kite kejedot meja, eh mejanye yang disalahin. Secara kagak langsung bikin pola pikir kalo kite tuh kagak pernah salah. Kagak boleh lecet dikit. Semua kudu tunduk. Begitu dah.

Bullying pun bisa memicu sindrom ini karena bisa bikin si korban bullying jadi sangat takut dengan masa depan dan berharap ketemu dengan penyelamat. Dari hanya sekadar sederhana aje, macem diginiin ame nyokap, "Kamu tuh ya, bego banget, masa pasang kancut sendiri kagak becus?" atau saat dibanding-bandingkan orangtua, "Kamu tuh kayak si Kupret dong, bisa dapet ranking satu!"

Oala... pantesan... jujur aje sih gue mengalami hal-hal di atas, ape lagi saat dibanding-bandingin. Emang udeh ngerasa kalo pola asuh orangtua gue tuh salah, tapi gue bisa ape, udeh terlanjur haha. Yang penting udeh sadar dan kagak mau mengulang pola asuh ortu ke anak gue nanti :)

Ade pun cara mengobati sindrom Cinderella adalah:

1. Perbanyak komunikasi dan berhubungan dengan orangtua
2. Jangan terlalu sering nongton drama
3. Kudu punye niat buat BERUBAH
4. Minimalisir bergaul dengan orang yang kebanyakan drama
5. .... (cari sendiri di Google)

Jadi, apakah kalian merasakan sindrom Cinderella, wahai cewe-cewe?

Jadi, apakah kalian pernah berhubungan dengan cewe yang terkena sindrom Cinderella, wahai cowo-cowo?

Silakan bagikan cerita kalian di kolom komentar. Sape tau masuk di VLOGGING Youtube gue :p

Referensi dan sumber foto:
http://gaya.tempo.co/read/news/2012/02/13/205383724/sindrom-cinderella-peterpan-membelenggu-lajang
http://www.kompasiana.com/yudikurniawan/mengenal-peter-pan-dan-cinderella-complex-the-fairy-tale-syndrome_552829a76ea834c2538b45d2
http://oliveirajessica.com/tag/filmes/
http://splay.pl/2015/03/16/to-co-wszyscy-znamy-tez-moze-bawic-kopciuszek-recenzja-splay/


Sunday, 2 August 2015

Mpok Pina di Koran Tempo!

10:36 a.m. Irvina




Pas bulan puasa kemaren, tiba-tiba gue dikontak ame salah satu wartawan Koran Tempo, Mas Heru namanye. Doi ngajakin ketemuan buat wawancara soal Kancut Keblenger, komunitas blogger yang gue miliki. Setelah atur jadwal, akhirnye kite ketemuan di JCO Plaza Senayan, karena lokasinye sangat memungkinkan buat gue dateng, secara sebelahan ame kantor, hahaha (males coy janjian jauh-jauh).

Wawancara dilakukan selama kurang lebih 45 menit. Sebenernye sih kurang, ya abisnye gue kagak bisa lama-lama karena mau makan malem bareng Elwi Gito dari Komnas Perempuan di Plaza Semanggi. Tapi, wawancara terasa amat cair, gue, Mas Heru, dan wartawan satu lagi (lupa namanye), ternyate sama-sama kagak jaim gitcuhhh.

Dan seperti biasa sih, pertanyaannye standar...

"Ceritain dong kenape lo bisa mendirikan Kancut Keblenger"
"Bakal ade projek ape aje nih?"
"Menghasilkan duit kagak?"
"Bedanye KK dengan komunitas blogger laen ape sih?"
"Kenape namanye kancut?"
"Ngeblog dari kapan?"
"Punye cerita seru tentang kancut kagak?"

Yah untuk lebih jelas, kalian bisa bace Koran Tempo edisi Minggu, 26 Juli 2015 ini, yak...
Kaga tau nape harus poto gue yang dipajang gede-gede -___- 

Saturday, 1 August 2015

Balada Meme Cewe-Cowo Harus Kerja Keras

8:59 p.m. Irvina




Belakangan ini lagi musim meme-memean soal kenape cewe harus kerja, kenape cowo harus kerja keras...

Awalnye sih dari satu tweet seorang selebtwit, yang bilang kalo cewe harus kerja karena cowo kagak tau bedanye lipstik 50K dan 500K. Gue pun sempet share twit yang udeh dijadiin meme tersebut yang kagak sengaja nemu di Path.

Gue kira becandaan tersebut cuma sehari aje rame. Jangankan Path, Facebook dan Twitter pun rame banget soal begonoan.

Ade yang bilang...

"Cowo harus kerja keras karena cewe kagak tau bedanye pijitan 50K dan 500K"
"Cowo harus kerja keras karena cewe bisa bedain mane Esklas dan Espass"
"Cowo harus kerja keras karena cewe kagak tau mane Lego 50K dan 500K"

Dan seterusnye... ade banyak banget sih, coy.

Namun, meme tersebut harusnye kagak hanya sekadar becandaan lho. Harus menjadi refleksi diri, khususnye kaum Adam.

Wahai kalian kaum Adam, mulai sekarang janganlah kalian males-malesan belajar. Jangan males-malesan kerja. Karena kalian bakal jadi orang yang bakal menghidupi istri dan anak-anak.

Inget lho, kalo udeh punye istri, kalian kudu siap-siap ngeluarin duit buat kebutuhan personal doski. Beli make up laaah, bajulah... apalah....

Pengen punye istri cantik dan terawat? Ya kasi materi lebih buat doski merawat diri, biar kayak model.

"Yaelah, cantik natural aje sih, pake air wudhu juge udeh cukup!"

Nah, masalahnye kagak semua orang cukup dengan air wudhu buat bikin muke kinclong! Inget, cuci muka tuh yang bener pake sabun muka, kagak cuma aer (udeh gue buktiin). Ape lagi cewe, setelah seharian pake make up, ya kudu bersihin muke pake milk cleanser lah, sabun khusus lah, krem malem lah, dan laennye. Kagak semua cewe ditakdirkan ngerawat dirinye cukup menjaga air wudhu. Polusi di Jakarta aje gila-gilaan, kebayang kagak sih kalo sehari kagak cuci muke pake cleanser atau sabun muke?

Semuanye pake duit, kagak? Ya pake! Meski ade beberape jenis cewe yang pake begonoan yang mureh... dan ade cewe yang pake begonoan dari dokter langsung (biasanye lebih muahal). Nah kalo kebetulan kalian dapetin cewe yang biasa-biasa aje tapi kalian pengen tuh cewe lebih cakepan dikit, ya bermodal lah dikit, kasi kocek khusus buat ke dokter kulit!

Terus kenape bisa ade meme, "Cewe harus kerja karena cowo kagak tau bedanye lipstik 50K dan 500K" ?

Itu meme sebenernye bisa jadi sindiran sekaligus motivasi buat kalian, wahai para cowo. It's okay kalian kagak bisa bedain lipstik, tapi kalian pasti tau dong bahwa sebuah barang ntu bagus atau kagaknye ya bisa kelihatan dari harganye?

Sindiran, buat kalian, mungkin para suami, yang mungkin masih males-malesan kerja sehingga rejekinye cuman segono-gono aje kagak nambah-nambah. Akhirnye si istri kerja, demi membeli ape yang diinginkan....

Motivasi, buat kalian, wahai para calon suami untuk tetep bekerja keras. Kagak bakalan percuma kok kalo kalian suka bekerja keras, toh kalian juge yang bakal seneng. Dan bangga juge dong kalo kalian nantinye bisa beliin make up mahal buat istri? Lipstik aje 500K, wah kalo mau penampilan si istri kayak artis mah, kudu modalin alat make up laennye, kagak cuman lipstik. Ade pondesyen, eyeliner, maskara, dan tetek bengek laennye.

Nanti pas nongkrong ame temen, kalian bisa pamer, "Gue kemaren abis nganter istri nih ke Plaza Senayan, beliin SKII, kalo istri kalian pake ape, bro?"

Heuheuheu.

Soal pijit-pijitan, cewe kagak bego-bego amat keleus. Kite tau kok bedanye pijitan 50K dan 500K. Tapi silakan tanggung sendiri dosanye....

Soal mainan 50K dan 500K macem Lego mah, kagak semua cewe bego, keleus. Gue bisa kok bedain mane Lego asli dan palsu...

Ape lagi? Helm mahal? Ban motor?

Sebenernye sih lebih baik, dari sisi cowo dan cewe, kagak saling menjatuhkan, "Mereka kagak tau XXX 50K dan 500K"

Lebih baik saling memotivasi, misal, "Cowo tuh harus kerja keras, biar si mertua tuh seneng lihat anaknye kagak sia-sia dikasi ke orang laen" (Entah ini memotivasi ape kagak hahaha).

Tambahan lagi, inget susu anak ntu mahal banget. Kemaren gue sempet dengerin curhatan salah satu Psikolog anak, kalo doski selalu menghabiskan duit bulanannye buat beli susu anak. Sekaleng bisa 250 ribuan. Seminggu satu kaleng. Nah, kebayang dong kudu berape duit kalian ngeluarin duit nanti?

Jadi, siap-siap aje, duit kalian bukan cuman dibelanjain buat make up, tapi susu anak juge.

Pade intinye, mau cewe kek mau cowo kek, kerja mah kerja aje. Kerja keras, hayok. Kalo kagak kerja, gimane mau menyambung hidup? Kecuali kalian punye warisan yang 70 turunan kagak abis-abis.

cewe kek cowo kek, kerja mah kerja aje kagak usah banyak alesan


"Tapi kan... cewe kagak wajib kerja, Nyet!"

Emang kagak wajib. Tapi jaman sekarang tuh yeee, cewe kebanyakan pade pengen punye duit sendiri. Pengen mandiri. Lagi pula, kerja kan kagak harus ninggalin anak. Kerja di rumah kan bisa. Dan dengan bekerja, cewe-cewe bakal bisa upgrade knowledge dan koneksi. Iye kagak?

Sekian dan terima ijab kabul!

NB: lipstik gue Maybeline 60 ribuan kok, jadi tenang aje kalo di sini ade jodoh gue yang bace, ente kagak usah kasi yang mahal-mahal. Mending mentahnye aje dah :)



Wednesday, 29 July 2015

Curhat Bareng Tante Syahrini #QUIZALERT!

11:04 p.m. Irvina


Pernahkah kalian merasakan jatuh cinta kepada seseorang dengan jangka waktu yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat lamaaaaaaa?

Dan di saat kalian merasakannye, ternyate doi merasakan juge. Sayangnye, dari kedua belah pihak, kagak ade satu pun yang berani mengungkapkan rasa ntu langsung. Si doi malah ngomongnye ke sobat kalian.

Begitulah kasus yang lagi gue alami. Sayang ame orang nih. Tapi orangnye ntu, hmmm.... gue kagak tau sih doi suka ame gue ape kagak. Kadang ade momen dimane gue ngerasa tuh orang suka. Tapi gue kagak mau geeran. Yah geer dikit sih. Cuman belom yakin. Gitu deh. Gue trauma banget kalo ngerasa ade seseorang suka banget ame gue. Takutnye... kayak dulu. Suka ame cowo nih. Gue ngomong suka langsung, eh taunye diye maho :'(

Karena kagak tahan dengan segala gundah gulana ini, akhirnye gue curhat ame Tante Syahrini. Curhatan tersebut bisa kalian lihat langsung di pidio bawah ini (TONTON AMPE ABIS!!!!)


GIMANE? UDEH DITONTON BELOM? UDEH KAN? HAHAHAHAHAHA :))

Kalo udeh, nah kalian bisa ikutan kuisnye nih! Gampang banget. Setelah nonton tuh pidio, kalian komen di bawah tulisan ini. Isinye tentang saran kalian tentang ape yang harus gue lakuin. Kalo gue disuruh nembak duluan, ya silakan, tapi dikasi cara-cara jitunye pegimane. Pokonye kasiin strategi-strateginye, dah! Jangan sampe samaan ame komentator laen, ye! Absurd pun kagak nape, asal bisa secara logika bisa dilakuin.

Setelah komen, jangan lupa ikuti persyaratan laennye. Gampang kok!

1. LIKE Fanpage Irvina Lioni http://fb.com/irvinalioni




2. SHARE wall post yang ade di bawah ini (cek aje di http://fb.com/irvinalioni terus langsung cari tuh wall post dan klik SHARE)


SELESAI. Gampil bingits. Huahaha.

HADIAHNYE? Nihhhh... satu set kalender LEGO, asli, original, bukan KW, bukan merk LELE, bukan merk EMCO, dan merk kawe laennye. Ini LEGO, plis ye, LEGO, bisa dijadiin investasi, ditaro di atas meja belajar atau meja kantor. Bisa hemat kertas karena kalendernye kalian susun sendiri, setiap bulan kudu diubah sesuai dengan kreativitas masing-masing. SERU KAN? IYE KAN? IYE DONG. Jarang yang jual lho ini... Cari aje di department store atau toko mainan, kagak ade, coyyyy. Ini limited edition.

SAPE YANG MAUUUUUUUUUU???? 

PERIODE KUIS INI YAKNI MULAI TANGGAL 30 JULI HINGGA 31 AGUSTUS 2015. So, don't miss it! Grab it fast! Share it to all people! GUDLAK BROSIS!!!!

TULISAN INI DIPERSEMBAHKAN OLEH SATU HATI YANG MENCOBA UNTUK TIDAK BERHARAP LEBIH #halah #bangcatbohongbangetnyet




Tuesday, 28 July 2015

Gue kangen PEL-ER

1:04 p.m. Irvina
Salah emang gue kangen PEL-ER?

Horraaay, gue udeh bertaon-taon jadi jomblo! Artinye, gue udeh lama kagak begitu-begitu ame cowo yang disayang. Begitu-begitu pegimane? Ya gitu deh, ah kayak kagak tau aje #EAAAA

Yang paling gue kangenin dari sebuah hubungan bersama cowo tersayang adalah PEL-ER-nye. UPS! KOK JOROK BANGET SIH, MPOK?

Bodo amat, Ramadhan kan udeh liwat, jadi boleh dong nulis yang jorok-jorok lagi? HAHAHAHAHAHA :))

Kagak deh, sebenernye ini  kagak jorok. Yang gue maksud dari PEL-ER adalah....

PELUKAN ERAT




Saat lagi berdua ame yang disayang, pasti akan ada sebuah momen dimane gue minta dipeluk lamaaaaaa banget...

Why? Karena gue ngerasa selalu ade kenyamanan di balik sebuah pelukan. Tapi kagak tau deh dari pihak cowonye, kayanye sih merempet ke napsu yeh #EAAA

Dan dilansir dari artikel TEMPO ini, pelukan ternyate bisa bikin kite merasa aman, tenang, bahagia, menjauhkan perasaan kesepian, meningkatkan keterikatan emosi-spiritual dengan pasangan, meningkatkan PD, bikin relaks, menyeimbangkan pikiran, mengajarkan memberi dan menerima, melepaskan segala beban masalah, meningkatkan empati dan membuka jalur komunikasi.

BANYAK BANGET COY MANFAATNYE!!!

Untuk manfaat yang terakhir, ntu bener banget. Kalo misalnye si cowo marah kagak jelas, udeh aje langsung peluk, pasti marahnye udehan... HAHAHAHA.

Begitu juge sebaliknye, kalo guenye nyebelin banget gegara PMS dan si cowo langsung meluk gue, yaaaa guenye jadi rada ademan.

Jadi, yang bikin adem hati ntu sebenernye bukan hanya sekadar es teh manis di siang-siang bolong, melainkan adalah PEL-ER alias PELUKAN ERAT.

Dan gue sangat teramat merindukan momen ini...

Tapi, tentu, bukan dengan masa lalu-masa lalu gue ntu...

Gue ingin melakukan momen ini bareng orang baru yang udeh mewarnai hidup gue selama tiga kali puasa tiga kali lebaran. Cuman... kayaknye tuh orang... ah sudahlah :')

Cepet atau lambat, pasti gue akan mendapatkan si PEL-ER ntu.

Positive thinking aje deh..

Ler... Ler... gue kangen ame lo, Ler...

LOL :))

#BalikKerjaDuluDah #IniPostinganTerandom

Monday, 27 July 2015

Jangan Lebay Posting Tentang Anak di Socmed!

7:04 p.m. Irvina



Kalo lebay, tanggung sendiri!

Seorang traveler ternama pernah berucap begini, "Ganggu banget sih temen-temen gue, tiap hari ngemosting anak mulu!"

Gue cuma bisa ketawa sambil jawab, "Hahaha, jangan-jangan entar pas lo udeh jadi ibu-ibu, lo bakal kayak mereka? Eh inget, umur lo udeh 35an, mau sampe kapan sendirian begini? Kebanyakan jalan sih, lo. Huehehe"

Awalnye sih gue santai aje ngeliat temen-temen gue setiap hari membanjiri newsfeed dan timeline socmed dengan foto dan cerita tentang anak mereka. Sebagai cewe yang demen anak kecil banget dan suka pengen tau cerite lucu soal anak-anak, gue ngerasa konten berbau anak ya biasa aje. Ape lagi hingga saat ini, gue masih memegang salah satu brand anak, sehingga sangat penting untuk mengetahui seluruh hal tentang anak dan parenting dengan baik serta bener.

Namun, lama-lama... Hm... gengges juge yeh...

Gengges saat temen-temen gue pade mosting poto telanjang si anak.... Iye sih, kemungkinan ntu kagak masuk pornografi, sape pula yang napsu ame anak bayi telanjang... Tapi... EH TUNGGU DULU! Eeeeh anak punye hak privacy atas tubuh mereka juge, lho! Eeeeh di luar sono ade lho sekelompok orang yang suka nyari poto-poto telanjang bayi buat diperjual-belikan kepada pedofil! Eeehhh di luar sono banyak lho pedofil yang bisa jadi nantinye ngincer salah satu bayi. Hiiiihh!

Yang lebih lucu adalah saat temen-temen gue pade bikin akun socmed khusus buat anak bayi mereka. Kalo di Path, mereka pasti posting tempat dengan tag nama akun si bayi tersebut. Yassalam... penting kagak sih -___-

Gue jadi kepikiran, gila juge ye jaman sekarang, anak masih bayi pun udeh diajarin buat ngeksis di socmed. Mending kalo caranye bener, kalo caranye salah, pegimane?

Saat si orang tua selalu update jadwal sehari-hari si anak, bukankah ntu malah bikin risiko penculikan makin besar?

"Oh, jadi si anak setiap jam 8 diajak berjemur. Jam 12 siang disuapin baby sitter di taman, jam segini lagi main di playground depan komplek... Bolehlah langsung cabut melancarkan aksi!"

"Ooooh ternyate menurut inpormasi pesbuk si emaknye, si anak suka banget ame permen sugus, sip deh nanti dikasi permen ntu aje biar mau diajak jalan dan kite umpetin!"

Ya mangkenye, akhir-akhir ini udeh banyak banget tuh anak kecil ngilang. Pas diselidiki dan nemu penculiknye, eh ternyate kebanyakan pade bisa melancarkan aksi karena berbagai inpo lengkap mengenai si anak di pesbuk ortunye.

Entah ntu inpo sekolah, makanan/minuman kesukaan, hobi, dan laennye. Tampak sepele... tapi... ini pun bisa dimanpaatin ame para pelaku kejahatan!

Lebih parah lagi, kalo ortunye ntu kagak bisa bedain kegunaan setiap socmed. Semuanye aje disamaratain. Udeh tau Path sifatnye rahasia, ngapain konfirmasi orang yang kagak dikenal? Ngapain disinkronin ke socmed yang lebih umum macem FB dan Twitter? 

HAHAHA, sebelom jadi ortu, mungkin mereka kudu dikasi workshop soal kegunaan setiap socmed!

Satu lagi yang ngeri, yakni saat poto-poto bayi disalahgunain ame orang iseng. Macem akun jual beli bayi ini nih. Buset daaaah -_____-

DIJUAL KAKAK BAYINYAAAA -___- errr, kesel, ade aje yang beginian! 


Terus ape tips agar anak kite nanti aman dari dampak bahaya socmed yang kite miliki?

1. Ketahui betul perbedaan kegunaan setiap socmed. Kalo mau mosting yang private banget soal anak dan keluarga, gih sono di Path, tapi pastiin isi Path-nye adalah temen-temen terpercaya dan udeh dikenal banget. Dan kagak usah pake disinkronin ke socmed laen. Nyampah dan percuma juga, nyet. PATH KAN SOCMED YANG LEBIH PRIVATE, PEGIMANE SIH!

2. Usahakan si anak dipoto dengan baju sopan. Kasi watermark di setiap poto. Kalo bisa, mereka dipoto bersama sodara atau ortunye. Jangan keseringan dipoto sendiri, karena potonye bisa disalahgunain, entah buat akun jualan, pedofil, atau dipake quiz hunter di socmed. 

3. Kalo lo artis, buru-buru bikin akun socmed khusus anak lo, jangan sampe keduluan orang laen karena bisa disalahgunain juge. Kayak kasus anaknye Ruben Onsu yang lagi ngehits ntu, lhooo. 

4. Kagak usah mengumbar segala hal tentang anak secara detil. Mulai dari hobi, hal yang disukai, dll. Bahkan aktivitas sehari-harinye pun kalo bisa kagak usah dikasi tau di socmed. Si anak ngeles dimane kek, ya udeh cukup diketahui ortu aje, orang laen mending kagak usah tau...

5. Ketimbang mosting poto anak tiap hari di semua socmed, mending bikin postingan soal parenting yang bisa dibagikan kepada sesama mamah-mamah muda nanti. Lebih bermanfaat, hehehe.

Dari segala hal yang gue dapet dari kasus kelebayan emak-emak di socmed adalah...

"Ternyate kagak semua ortu siap jadi ortu dan mengerti bagaimana menjadi ortu yang bener-bener melindungi dan menjaga hak privacy anak"

MIRIS.

Saturday, 25 July 2015

KAPAN KAWIN?

7:40 p.m. Irvina



Horeee, lebaran udeh liwat. Pertanyaan rutin, "KAPAN KAWIN" pun udeh terkubur jauh di dalem perut bumi. Hmm, kalo dibilang bosen sih, yaiyelah gue bosen banget dikasi pertanyaan begituan. Lagian, ntu kan ranah privat, nape mau tau aje kapan gue KAWIN? Lagian kalo gue mau KAWIN pun, ntar juge ade surat undangannye disebar. Ketakutan amat kagak diundang, sis, bro?

Umur gue udeh menginjak 24 taon. Kate emak gue, di umur segitu dulu, doski udeh punye gue yang masih cute kayak bayi Jepang. Hooh, kayak bayi Jepang. Nih potonye:

Mpok Pina mirip bayi Jepang~~~

Terus ditanye deh...

"Kapan mau KAWIN?"
"Mane pacar kamu, kenalin dong!"
"Inget yeh, kalo cari pacar kudu mapan dan satu suku, harus sunda ato Jakarta asli. Pokonye kagak boleh ame suku A, N, X, blablablaaaaa"

Gue sih jawab aje begini:

"Hah, KAWIN? HAHAHA, yaelah masih esempe gini!" *lalu digaplok*

Kalo kate bokap gue sih, kawinnye kalo gue udeh beli apartemen sendiri. Terus si om pun bilang, gue disuruh nikahnye nanti aje kalo udeh mapan dikit, yah, paling lambat umur 30 tahunan.

Kalo emak gue sih, wah udeh insecure banget kayanye. Doski udeh kagak sabar pengen punye cucu kali, ye -_____-

Gue sendiri bingung kalo soal planning kawin. Pengen kawin muda, tapi bingung calonnye sape coba? Dan kayanye belom siap-siap amat, gue masih slenge'an gini HAHAHAHA...

Pengen kawin 5 taonan lagi, takut ketuaan dan kesian ame rahim....

Yaudeh gue jawab aje gini, "PLIS DEH MAAAH, MANE ANE TAU MAU KAWIN KAPAN, KAAAAN JODOH NTU RAHASIA ILLAHI!!!!!"

Gue mah anaknye nyantey aje soal begituan, cuman emak gue, masha Allah.... Masa iye gue kawin demi terhindar dari segala pertanyaan magis tersebut dan diskriminasi sosial?

Di kantor gue sendiri, 80% cewe-cewenye masih pade jomblo. Dan gue paling muda HAHAHA. Yang laen di atas 30 taon, 40 taon, tapi masih santai aje... Salut juge sih dengan ketahanan mereka atas segala pertanyaan kampret ntu.

"Mane pacar kamu? Kamu tuh udeh punye pacar belom, sih?"

Nah aneh kan, kebanyakan ortu setau gue ngelarang anaknye pacaran, emak gue malah ngarep gue pacaran. Padahal katanye kalo ortu nyuruh anaknye pacaran berarti nyuruh anaknye berzina. Tapi... ah pacaran kagak pacaran pun sebenernye kite udeh berzina. Saban hari suka ngeliat yang aneh-aneh di internet, jatohnye zina matalah, apalah.... Heuheuheu...

Jujur aje sih kangen pacaran banget, kangen dipeluk lama. Hehehe. #BangcatKelepasan

"Inget yeh, kalo cari pacar kudu mapan dan satu suku, harus sunda ato Jakarta asli. Blablabla..."

Iye iye, tenang Mak, cowo yang ane suka orang sunda kok, satu kampung, puas? Masalahnye cuma satu, tuh anak masih jomblo kagak yeh -______- #desperando

Saking pengen kawinin anaknye, emak gue udeh nyiapin beberape calon dan berbagai brosur buat resepsi nikahan di gedung lengkap dengan catering dan fotografernye, lho. Super prepare...

KAPAN KAWININ?

TAON DEPAN. PUAS?

NB: taon depannye bisa jadi taon taon taon depan... ya pokonye taon depan lah, masa taon lalu?

BYE.

gimane mau kawin, gue ame gebetan aje masih temenan HAHAHAHAHAHAHAHA




Wednesday, 22 July 2015

Balada Friendlist di Facebook yang Kagak dikenal...

7:12 p.m. Irvina
YOU FEEL IT?

Waktu jaman-jaman alay 2008-2009, Facebook tuh bener-bener WAH banget. Sebagai pengganti Friendster, Facebook menjadi angin segar kite, para muda-mudi yang pengen keliatan gaul dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi kekinian.

Bodohnye, saat mulai berpesbukan, kite tuh ngasal add temen. Ade orang cakep dikit, di add. Padahal mah, kenal juge kagak. Ade temen sekolah yang kagak pernah tegoran sama sekali, di add. Motifnye cuma satu sebenernye, biar friendlist kagak sepi-sepi amat.

Nah sekarang ini sih udeh berasa banget. Ngapain juge temenan pesbuk ame orang yang di dunia nyata aje kagak pernah tegoran ame kite? Yang tiap negor malah buang muka? Yang di pesbuk ngomongin agama tapi di dunia nyata demen nyewa kupu-kupu malem? HAHAHA.

Oh iye satu lagi.... ame orang yang kebanyakan pengen diaku banget. Tiap hari pamer tas branded, taunye cuma KAWE, ntu juge boleh pinjeman -_____-

Dari 4900 temen di pesbuk, kebanyakan sih ya para blogger, yang 90% kagak gue kenal... Tapi kagak masalah selama mereka kagak bikin masalah. Sedangkan temen sekolah dan kuliah, ya... kalo dijumlahin kagak nyampe 1000. Mereka juge rata-rata kagak bermasalah... Ya emang sih, gue mah jarang punye masalah ame mereka. Paling cuma gengges aje kalo mereka udeh nyampah newsfeed dengan apdetan PATH dan kemunafikan mereka, please lah -___-

Eh tapi ade sih yang ngeselin dari temen-temen lama yang tiba-tiba negor di pesbuk. Misalnye saat mereka nawarin MLM, asuransi, atau minta isiin kuisioner. Hehehe, gue ditegor cuman pas mereka perlunye aje. Miris sih, tapi kalo untuk kuisioner, masih gue jabaninlah, kesian. Kalo soal MLM dan asuransi, ya... pura-pura aje kagak liat message dari mereka.

Hayo ngaku, ade berape temen pesbuk yang lo kenal di dunia nyata? Pasti dikit juge, kan? HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA :))



Wednesday, 17 June 2015

Mari Berjumpa di Semarang!

5:22 p.m. Irvina



Hai temen-temen pembace yang kece-kece!

Khususnye buat temen-temen kece di Semarang nih, gue mengundang kalian di acara super keren dengan tema "Membangun Personal Branding Lewat Blog"

Gimane sih caranye? Gampang kok, tinggal ikuti acara ini, sisihkan sedikit duit jajan kalian buat menimba ilmu dari gue dan Mom Rahmi.

POKONYE KITE BERTEMU YE DI TEATER THOMAS AQUINAS UNIKA SOEGIJAPRANATA, 19 JUNI 2015, JAM 3 SAMPE JAM 6 SORE!!!

Ngabuburit jadi makin asik bareng kembaran Putri Titian~~~ #ciegitu #yakanguepernahmenangThePromotorEpisodePutriTitian

Anyway... gue di Semarang dari Hari Kamis hingga Sabtu ini. Gue mengajak Kawancut Semarang untuk berjumpa juge nih. Kapan lagi ya kan?

Buat yang mau ketemuan (mau lo anak Kawancut atau bukan), silakan mention ke Twitter gue @irvinalioni. Rencananye sih mau bikin pelem-pelem gaje gitu dah. Sama yang punye mainan, dibawa aje, kite poto-poto mainan bareng :D

Dan jangan lupa: PLIS AJAK GUE KE LAWANG SEWU!!!! PLISSSS, GUE KANGEN SAMA MBAK KUNTI YANG PERNAH MEJENG DI ACARA DUNIA LAIN :'(((

See you :*